Home » Menggunakan Emas sebagai Asuransi Pendidikan

Menggunakan Emas sebagai Asuransi Pendidikan

Menggunakan Emas sebagai Asuransi Pendidikan…

Sebuah tulisan menarik dari sahabat saya pak Budi Rachmat….

Budi Rachmat, WSaK, seorang entrepreneur ulung....

Budi Rachmat, WSaK, seorang entrepreneur ulung....

Ada percakapan menarik antara seorang mentor entrepreneur Bapak Budi Rachmat dengan seseorang. Dalampercakapan itu diungkap betapa emas dapat digunakan untuk mengukur nilai pada masa depan. Bahasa gaulnya, sebagai asuransi. Dalam kasus ini asuransi pendidikan. Saya sangat menganjurkan cara ini, jauh dari kegiatan spekulasi.

Tanya (T): Pak budi maaf boleh tanya,

Jawab (J): Siap…

T: Pak budi baikk sekali yl

T: Bgini pak, tab. Berjangka dg emas lbh untung mana y pak,

T: Tujny utk biaya pendidikan,

 

J: Berjangka = ..? Asuransi, tabungan..?

 

T: Tab. Rencana xxx pak, tab + asuransi jiwa sepertinya

 

J: Ow, OK…

J: Ini yg saya pelajari dari pak Rully Kustandar si KebunEmas…

J: Bahwa Emas mengikuti nilai inflasi…

 

T: Iya

 

J: Jadi tuk pendidikan, lebih baik di Emas…

J: Aplikasinya, sbb:…

J: Misalnya, kamu mau menyekolahkan anak di kedokteran Universitas Indonesia…

J: Biaya untuk masuk ke sana SEKARANG adalah 150jt….

J: Maka belilah Emas senilai 150jt….

J: Nanti ketika anak kamu mau masuk ke sana (bisa 5, 7 atau 10 tahun lagi)… Jual Emas itu. Nilai-nya sama atau bahkan lebih besar daripada biaya masuk kedokteran UI nanti (5, 7 atau 10 tahun lagi).

 

T: Wahh lengkap skaliy. Iyaa, tks pak budi. Sy setuju skaliy.

 

J: Klo anda muslim, maka inilah yg disebut oleh Nabi Muhammad bahwa nilai domba Qurban = 1 Dinar…. Tahun berapapun… Dan itu terbukti, sampai sekarang….

J: Klo anda sekarang tidak ada 150jt… Tetap beli senilai itu (gram-nya), tapi menggunakan KLM (Kredit Logam Mulia = dicicil)…

J: Panjang cicilannya bisa disesuaikan dgn saat anak akan lulus sma, masuk UI…

 

T: Apalagi jk emasnya punya nilai lebih bs digadaikan, shg emasny sendiri tdk hilang. Benar ya pak.

J: Benar…

T: Tks. Pak budi. Iya sy muslim. Sy doakan smoga pak budi diberikan rejeki yg melimpah dan ilmu yg bermanfaat. Tks skali  ilmunya yg luar biasa pak. :)

J: Klo anda nabung, asuransi pendidikan sebesar 150jt sekarang…. Maka nilai 150jt nanti 5, 7 atau 10 tahun lagi, tidak ada artinya…

T: (y) Betul Pak…

J: Klo anda pernah baca tulisan saya bahwa menyimpang uang, maka nilainya akan berkurang setiap tahun -+ 1,4%… Jumlah bertambah, tapi nilai turun (karena inflasi)….

T: Iya pak. Sungguh informasi yg bermanfaat. Tks pak.

J: Sama2… Itu cerita pak Rully dan saya sependapat dgn beliau…

J: Semoga bermanfaat….

T: Alhamdulillah bermanfaat, smoga kebaikanny kembali kpd pak Budi dan keluarga, amin. Senang skali dg percakapan ini pak, skali lg tks pak Budi. :)

 

J: Amin….

======
Semoga bermanfaat , dan menjadi kebiasaan untuk kita menukar nilai uang kertas yang sama-sekali tidak syar’i itu dengan mindset emas seperti yang dilakukan Rasulullah dan sahabat dijamannya dengan konsep dinar dirham.

5 Responses to “Menggunakan Emas sebagai Asuransi Pendidikan”

  1. nia says:

    wow… inspiratif, terima kasih ilmunya ya:)

      

  2. Harris says:

    mungkin sekilas tampak menguntungkan investasi emas dibanding asuransi pendidikan, tapi pertanyaannya.. Bagaimana jika saat itu anak anda jatuh sakit dan harus di rawat inap dengan biaya yang cukup besar ??!! akhirnya anda harus menjual emas yang menurut anda menguntungkan untuk biaya pendidikan kelak demi biaya rumah sakit. sehingga anda akhirnya TIDAK memiliki tabungan untuk pendidikan anak anda, TIDAK demikian halnya dengan asuransi pendidikan, Tujuan anda akan tetap tercapai walau sedang dalam keadaan musibah sekalipun…

      

    • Sugiharto says:

      @Harris : betul komentar pak Harris.. tapi menurut saya lebih baik investasi emas + beli asuransi yang pure jiwa / kesehatan saja, mengapa begitu karena unit link juga tidak bisa menjamin pasti nilainya naik, ini terbukti pada saat krisis di AS beberapa tahun lalu, nilai unit link terkena imbasnya sama seperti saham. sedangkan emas tahan inflasi.

      silahkan di survey, penahkah dalam waktu 5 tahun terakhir, Anda pernah sakit dan sampai rawat inap ? bisa dibilang resiko ini sangat kecil sekali. yang resikonya besar adalah resiko atas penyakit kritis karena hampir pasti orang sebelum meninggal dunia akan terkena penyakit kritis ini. dan juga resiko atas kecelakaan dan cacat tetap.

        

  3. wow, artikelnya bermanfaat banget

      

  4. Betul sekali & sependapat ” lebih baik investasi emas + beli asuransi yang pure jiwa / kesehatan saja”
    sebaiknya jangan ambil asuransi+investasi tapi asuransi sendiri (tanpa post invest) dan investasikan dana nya membeli emas..
    Mau tanya, kalo ngga mampu beli emas batangan apakah beli emas tanpa perhiasan (misal cincin polosan/tanpa berlian) itu baik tidak?

      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>